Sabtu, 21 Februari 2009

Sukhoi

Dua Sukhoi Dilock Missile

Sukhoi 27SK dan 30Mk TNI AU

Berita dihari jumat siang ini sangat mengagetkan berbagai pihak, sampai saat saya menulis artikel ini banyak teori-teori bermunculan berkenaan dengan berita dua pesawat Sukhoi 30mk2 kita dilock (multiple lock kah?) oleh sesuatu yang tidak diketahui.. Mulai dari teori yang masuk akal, sampai dengan pernyataan yang merendahkan pilot kita dan teknologi yang dimiliki Su-30Mk2.

Saya akan bercerita sedikit tentang proses lock terhadap sebuah pesawat, ketika radar pesawat A mengidentifikasi pesawat B, ketika proses identifikasi ini terjadi maka “perang” jamming akan terjadi, pesawat B akan memancarkan gelombang untuk “menutup” mata radar pesawat A dan radar pesawat A juga akan melakukan hal yang sama. Hal ini dilakukan pesawat A untuk mengidentifikasi pesawat B, sementara pada pesawat B akan muncul informasi yang menyatakan sumber radar apa yang mengidentikasinya (bisa dari pesawat, SAM dan kapal laut atau unknown apabila tidak dapat diketahui sumber radarnya) serta arah darimana radar itu berasal, cara membaca radar tersebut juga muncul di MFD pesawat A. Ketika pesawat A berinisiatif menghancurkan pesawat B maka pilot pesawat A akan meng arm kan (mengaktifkan) missile yang dibawanya setelah itu radar akan mengunci dan di pesawat B akan muncul bunyi tit..tit..tit… yang artinya pesawat B sudah dikunci oleh rudal pesawat A. Kondisi pesawat B inilah yang dihadapi oleh 2 Su-30 Mk2 kita tadi pagi.
Read more »

February 20, 2009 Posted by adiewicaksono | Catatan Pribadi, TNI AU | , | 2 Comments

TNI AU Akan Cek Seluruh Radar Sukhoi

su-30mk2

Jakarta- Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsekal Muda Yushan Sayuti mengatakan, pihaknya akan mencek seluruh sistem radar peringatan (Radar Warning System) pesawat Sukhoi SU-30MK2.

Ketika dikonfirmasi ANTARA News di Jakarta, Jumat, ia mengatakan, pihaknya akan mengecek segala kemungkinan menimpa pesawat Sukhoi yang sedang berlatih tersebut.

“Apa pun kemungkinannya akan kita cek. Mulai dari sistem radar pesawat sampai kemungkinan ada pihak asing yang me-”lock” pesawat tersebut,” katanya, menambahkan.

Yushan mengemukakan, kerusakan atau `trouble` pada sistem radar pesawat mungkin saja terjadi baik di pesawat tempur buatan barat maupun timur. Jadi, meski pesawat tersebut sudah diuji coba dan hasilnya negatif, tetap ada kemungkinan saat latihan sistem tidak berjalan baik sebagaimana mestinya.
Read more »

February 20, 2009 Posted by adiewicaksono | TNI AU | , | No Comments

Dua Sukhoi Lanud Hasanuddin Dikunci Missile

sukhoi TNI AU

MAKASSAR- Dua pesawat Sukhoi SU-30 milik TNI AU dikunci missile pihak tidak dikenal ketika berlatih intersepsi udara di wilayah udara pesisir selatan Sulawesi Selatan, Jumat (20/2). Alarm missile lock kedua pesawat berbunyi secara tiba-tiba, tetapi kedua pesawat canggih yang dibeli dari Rusia itu tidak bisa mengenali siapa pihak yang mengunci mereka dengan tembakan missile.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama Ida Bagus Putu Dunia, ketika dihubungi di Makassar pada Jumat, menjelaskan, di masing-masing pesawat yang sedang berlatih itu terdapat instruktur terbang dari Rusia yang sedang melatih dua penerbang tempur TNI AU. Kedua instruktur itulah yang menyatakan alarm berbunyi karena pesawat di-lock missile. “Saya menerima laporannya sekitar pukul 09.00 WITA,” kata Putu.
Read more »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar